PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JAYANTI, JAYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13813/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995977335013376
author JAYANTI, JAYANTI
author_facet JAYANTI, JAYANTI
author_sort JAYANTI, JAYANTI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I Kaliwungu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang mau mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 32,26%, di akhir tindakan menjadi 90,32%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 87,09%. 3) Siswa yang aktif mengajukan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 12,90%, di akhir tindakan menjadi 70,97%. 4) Siswa yang aktif dalam bertanya terhadap guru atau siswa lainnya sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 80,65%. 5) Siswa semangat dalam belajar sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, di akhir tindakan menjadi 74,19%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥60 sebesar 25,81% dan di akhir tindakan menjadi 83,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13813
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13813 https://eprints.ums.ac.id/13813/ PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011) JAYANTI, JAYANTI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I Kaliwungu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang mau mengerjakan tugas sebelum diadakan tindakan sebesar 32,26%, di akhir tindakan menjadi 90,32%. 2) Siswa yang memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 87,09%. 3) Siswa yang aktif mengajukan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 12,90%, di akhir tindakan menjadi 70,97%. 4) Siswa yang aktif dalam bertanya terhadap guru atau siswa lainnya sebelum diadakan tindakan sebesar 22,58%, di akhir tindakan menjadi 80,65%. 5) Siswa semangat dalam belajar sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, di akhir tindakan menjadi 74,19%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥60 sebesar 25,81% dan di akhir tindakan menjadi 83,87%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar matematika dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13813/14/Lampiran.pdf JAYANTI, JAYANTI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070221
spellingShingle LB Theory and practice of education
JAYANTI, JAYANTI
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK Siswa di Kelas VIII SMP N I Kaliwungu Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing ptk siswa di kelas viii smp n i kaliwungu tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13813/
work_keys_str_mv AT jayantijayanti peningkatanmotivasidanprestasibelajarmatematikasiswadenganstrategipembelajaranaktiftipeactiveknowledgesharingptksiswadikelasviiismpnikaliwungutahunajaran20102011