PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian adalah (1) mendiskripsikan peningkatan respon siswa belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting, dan (2) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WINARSIH, ENDAH TRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13811/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995976791851008
author WINARSIH, ENDAH TRI
author_facet WINARSIH, ENDAH TRI
author_sort WINARSIH, ENDAH TRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah (1) mendiskripsikan peningkatan respon siswa belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting, dan (2) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII A MTs Negeri Karanggede, yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan respon siswa belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 43,33%, putaran II 61,90%, dan di akhir 84,94%. b) mempersiapkan tugas atau PR, sebelum tindakan 46,67%, putaran I 56,67%, putaran II 72,27% dan di akhir tindakan 88,28%, c) konsentrasi penuh mengikuti kegiatan belajar, sebelum tindakan 43,33%, putaran I 53,33%, putaran II 65,6% dan di akhir tindakan 84,89%, d) mencatat hasil pembahasan, sebelum tindakan 36,67%, putaran I 43,33%, putaran II 58,57% dan di akhir tindakan 78,17% dan (2) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari indikator: a) mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 16,67%, putaran I 23,33%, putaran II 34,40% dan di akhir tindakan 54,43%, b) mengajukan pendapat atau ide sebelum tindakan 26,67%, putaran I 36,67%, putaran II 55% dan di akhir tindakan 67,82%, c) mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 33,33%, putaran I 46,67%, putaran II 65,24% dan di akhir tindakan 78,03% dan Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Reconnecting dapat meningkatkan respon dan keaktifan siswa belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13811
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13811 https://eprints.ums.ac.id/13811/ PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011) WINARSIH, ENDAH TRI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian adalah (1) mendiskripsikan peningkatan respon siswa belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting, dan (2) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Reconnecting. Jenis penelitian kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII A MTs Negeri Karanggede, yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan respon siswa belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator: a) kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, sebelum tindakan 33,33%, putaran I 43,33%, putaran II 61,90%, dan di akhir 84,94%. b) mempersiapkan tugas atau PR, sebelum tindakan 46,67%, putaran I 56,67%, putaran II 72,27% dan di akhir tindakan 88,28%, c) konsentrasi penuh mengikuti kegiatan belajar, sebelum tindakan 43,33%, putaran I 53,33%, putaran II 65,6% dan di akhir tindakan 84,89%, d) mencatat hasil pembahasan, sebelum tindakan 36,67%, putaran I 43,33%, putaran II 58,57% dan di akhir tindakan 78,17% dan (2) adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari indikator: a) mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum tindakan 16,67%, putaran I 23,33%, putaran II 34,40% dan di akhir tindakan 54,43%, b) mengajukan pendapat atau ide sebelum tindakan 26,67%, putaran I 36,67%, putaran II 55% dan di akhir tindakan 67,82%, c) mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 33,33%, putaran I 46,67%, putaran II 65,24% dan di akhir tindakan 78,03% dan Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Reconnecting dapat meningkatkan respon dan keaktifan siswa belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/4/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/5/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/10/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/13/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13811/16/09._Lampiran.pdf WINARSIH, ENDAH TRI (2011) PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070098
spellingShingle LB Theory and practice of education
WINARSIH, ENDAH TRI
PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN RESPON DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING ( PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap di MTs Negeri Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan respon dan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran reconnecting ptk bagi siswa kelas viii semester genap di mts negeri karanggede boyolali tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13811/
work_keys_str_mv AT winarsihendahtri peningkatanrespondankeaktifansiswapadapembelajaranmatematikamelaluistrategipembelajaranreconnectingptkbagisiswakelasviiisemestergenapdimtsnegerikaranggedeboyolalitahunajaran20102011