PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan or...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: Sumarno, Garnis Zulaekha
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/13809/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 < 0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05.