PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan or...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13809/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh
tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk
mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua
terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa
VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136
siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random
sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi.
Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian
menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas
belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan
analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914
dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang
signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika”
dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa
Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 <
0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua
terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan
analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066
dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05. |
---|