PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUKRON, SUKRON
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13804/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995975440236544
author SUKRON, SUKRON
author_facet SUKRON, SUKRON
author_sort SUKRON, SUKRON
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-AP SMK Prawira Marta Kartasura, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar yang meliputi: 1) respon siswa dalam menjawab/bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,37%, putaran I 12,5%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 43,75%, 2) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25%, putaran I 12,5%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, 3) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 31,25%, putaran I 46,87%, putaran II 56,25% dan di akhir tindakan 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13804
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13804 https://eprints.ums.ac.id/13804/ PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011) SUKRON, SUKRON LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-AP SMK Prawira Marta Kartasura, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar yang meliputi: 1) respon siswa dalam menjawab/bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,37%, putaran I 12,5%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 43,75%, 2) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25%, putaran I 12,5%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, 3) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 31,25%, putaran I 46,87%, putaran II 56,25% dan di akhir tindakan 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/14/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/19/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13804/21/Lampiran-Lampiran.pdf SUKRON, SUKRON (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070174
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUKRON, SUKRON
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title_full PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title_short PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)
title_sort peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajarn arias assurance relevance interest assesment satisfaction dengan mengoptimalkan alat peraga pada pokok bahasan bangun datar ptk pada siswa kelas x ap smk prama kartasura tahun ajaran 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13804/
work_keys_str_mv AT sukronsukron peningkatanminatbelajarsiswapadapembelajaranmatematikamelaluimodelpembelajarnariasassurancerelevanceinterestassesmentsatisfactiondenganmengoptimalkanalatperagapadapokokbahasanbangundatarptkpadasiswakelasxapsmkpramakartasuratahunajaran2011