PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tin...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: SUKRON, SUKRON
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/13804/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-AP SMK Prawira Marta Kartasura, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar yang meliputi: 1) respon siswa dalam menjawab/bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,37%, putaran I 12,5%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 43,75%, 2) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25%, putaran I 12,5%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, 3) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 31,25%, putaran I 46,87%, putaran II 56,25% dan di akhir tindakan 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.