PENGARUH KESETIAKAWANAN SOSIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2009
sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 3) Pengaruh kesetiakawanan sosial dan kemandirian belajar terhadap...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13801/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi
FKIP UMS angkatan 2009. 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi
belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan
2009. 3) Pengaruh kesetiakawanan sosial dan kemandirian belajar terhadap
prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi FKIP UMS
angkatan 2009.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi
FKIP UMS angkatan 2009 dengan jumlah seluruhnya 235 siswa. Sampel diambil
sebanyak 100 orang mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara
undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji
keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier
ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan efektif.
Hasil penelitian ini adalah 1) Kesetiakawanan sosial tidak berpengaruh
terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi FKIP
UMS angkatan 2009. Berdasarkan analisis diperoleh thitung < ttabel, yaitu 1,287 <
1,985 dan nilai probabilitas signifikansi > 0,05, yaitu 0,201. 2) Kemandirian
belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi
pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. Berdasarkan analisis diperoleh
thitung > ttabel, yaitu 5,977 > 1,984 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu
0,000. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan kesetiakawanan sosial dan
kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa
program studi pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009. 4) Variabel
kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 26,7%, sedangkan
sisanya 73,3% dipengaruhi oleh variabel lain. |
---|