PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif dengan pena...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13800/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi
belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran
2010/2011.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 159 siswa. Sampel
diambil sebanyak adalah 80 orang siswa dengan teknik random sampling dengan
cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan
dokumentasi. Metode angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta
diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 37,539 +
0,584X1 + 0,386X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh ketrampilan
mengajar guru dan minat belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: (1) Persepsi
siswa mengenai keterampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap prestasi
belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran
2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui
bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,413> 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000
dengan sumbangan relatif sebesar 70,1% dan sumbangan efektif 26,6%. (2) Minat
belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan
analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,318 >
1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023 dengan sumbangan relatif sebesar
29,9% dan sumbangan efektif 11,3%. (3) Persepsi siswa mengenai keterampilan
mengajar guru dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif
terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2
Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi
linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,482 > 3,115 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. (4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar
0,379 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh ketrampilan mengajar guru dan
minat belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 37,9% sedangkan 62,1%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|