PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: SARWOTO, SARWOTO
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/13799/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
_version_ 1804995974361251840
author SARWOTO, SARWOTO
author_facet SARWOTO, SARWOTO
author_sort SARWOTO, SARWOTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: prestasi belajar matematika sebelum menggunakan strategi jigsaw learning 8 siswa atau 25,81 % dengan dampak mengiring berani tampil di depan kelas 4 siswa, aktif menyelesaikan soal 4 siswa, kepercayaan diri 2 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 3 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan tidak ada, setelah tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw learning prestasinya meningkat menjadi 29 siswa atau 93,55 %., sedangkan dampak pengiringnya berani tampil di depan kelas 19 siswa, aktif menyelesaikan soal 20 siswa, kepercayaan diri 22 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 18 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan 17 siswa Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dengan materi ukuran pemusatan data siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten semester 1 tahun pelajaaran 2010 2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13799
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13799 https://eprints.ums.ac.id/13799/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011) SARWOTO, SARWOTO LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: prestasi belajar matematika sebelum menggunakan strategi jigsaw learning 8 siswa atau 25,81 % dengan dampak mengiring berani tampil di depan kelas 4 siswa, aktif menyelesaikan soal 4 siswa, kepercayaan diri 2 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 3 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan tidak ada, setelah tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw learning prestasinya meningkat menjadi 29 siswa atau 93,55 %., sedangkan dampak pengiringnya berani tampil di depan kelas 19 siswa, aktif menyelesaikan soal 20 siswa, kepercayaan diri 22 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 18 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan 17 siswa Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dengan materi ukuran pemusatan data siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten semester 1 tahun pelajaaran 2010 2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/4/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/6/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/8/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/10/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/14/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13799/20/Lapiran.pdf SARWOTO, SARWOTO (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410810143
spellingShingle LB Theory and practice of education
SARWOTO, SARWOTO
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011)
title_sort penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi jigsaw learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika ptk siswa kelas xii semester 1 smk batur jaya 1 ceper klaten tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13799/
work_keys_str_mv AT sarwotosarwoto penerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdenganstrategijigsawlearninguntukmeningkatkanprestasibelajarmatematikaptksiswakelasxiisemester1smkbaturjaya1ceperklatentahunpelajaran20102011