ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA (Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000 Di Kabupaten Grobogan)
Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat ditunjang dengan perbaikan di sektor perekonomian yang sangat baik pula sehingga mendorong kepemilikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat mengakibatkan volume lalulintas dan tingkat kepadatan yang sangat tinggi, dengan semakin banyaknya jumlah kendara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13793/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995972741201920 |
---|---|
author | ATMOKO, KUKUH PUJI |
author_facet | ATMOKO, KUKUH PUJI |
author_sort | ATMOKO, KUKUH PUJI |
collection | ePrints |
description | Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat ditunjang dengan
perbaikan di sektor perekonomian yang sangat baik pula sehingga mendorong
kepemilikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat mengakibatkan volume lalulintas
dan tingkat kepadatan yang sangat tinggi, dengan semakin banyaknya jumlah
kendaraan dan kepadatan lalulintas dapat mengakibatkan kecelakaan yang berarti,
untuk dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan maka perlu diadakannya
evaluasi pada daerah rawan kcelakaan, dalam hal ini yaitu pada ruas jalan
Purwodadi-Semarang (Km ±00.000-±10.000).
Metode penelitian yang digunakan analisis dan deskripsi di daerah rawan
kecelakaan pada ruas jalan Purwodadi-Semarang yaitu dengan metode survey .
Data primer yang diperoleh dari survey langsung di lapangan adalah menghitung
kecepatan kendaraan dan data geometric jalan. Data sekunder yang berisi data
kecelakaan diperoleh dari Kepolisian Resort Grobogan dan data volume lalulintas
diperoleh dari Dinas Bina Marga Grobogan yang selanjutnya data-data tersebut
dianalisis berdasarkan indeks keparahan, Equivalent Accident Number (EAN) dan
Equivalent Property Damage Only (EPDO).
Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui penyebab kecelakaan yang
paling tinggi di ruas jalan Purwodadi-Semarang (Km ±00.000-±10.000) adalah
faktor manusia sebesar 87,76 %, jenis kendaran dalam hal ini adalah sepeda motor
sebesar 59,76 %, sedangkan profesi yang sering mengalami kecelakaan adalah
wiraswasta sebesar 30,77 %, indeks keparahan kritis sebesar 15,620 %, EANc
sebesar 102,121 %, EPDOc sebesar 259,021 %, kemudian untuk daerah rawan
kecelakaan ruas jalan Purwodadi-Semarang berdasarkan EAN terjadi pada (Km
±07.000-±10.000) sebesar 233, sedangkan berdasarkan EPDO terjadi pada (Km
±07.000-±10.000) sebesar 616. Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk
dapat mengurangi kecelakaan adalah: meningkatkan pengetahuan dan kesadaran
berlalulintas, memberikan fasilitas keamanan bagi pengguna jalan, merawat dan
memperbaiki jalan, rambu dan marka.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13793 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2006 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13793 https://eprints.ums.ac.id/13793/ ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA (Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000 Di Kabupaten Grobogan) ATMOKO, KUKUH PUJI TA Civil Engineering Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat ditunjang dengan perbaikan di sektor perekonomian yang sangat baik pula sehingga mendorong kepemilikan kendaraan bermotor. Hal ini dapat mengakibatkan volume lalulintas dan tingkat kepadatan yang sangat tinggi, dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan dan kepadatan lalulintas dapat mengakibatkan kecelakaan yang berarti, untuk dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan maka perlu diadakannya evaluasi pada daerah rawan kcelakaan, dalam hal ini yaitu pada ruas jalan Purwodadi-Semarang (Km ±00.000-±10.000). Metode penelitian yang digunakan analisis dan deskripsi di daerah rawan kecelakaan pada ruas jalan Purwodadi-Semarang yaitu dengan metode survey . Data primer yang diperoleh dari survey langsung di lapangan adalah menghitung kecepatan kendaraan dan data geometric jalan. Data sekunder yang berisi data kecelakaan diperoleh dari Kepolisian Resort Grobogan dan data volume lalulintas diperoleh dari Dinas Bina Marga Grobogan yang selanjutnya data-data tersebut dianalisis berdasarkan indeks keparahan, Equivalent Accident Number (EAN) dan Equivalent Property Damage Only (EPDO). Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui penyebab kecelakaan yang paling tinggi di ruas jalan Purwodadi-Semarang (Km ±00.000-±10.000) adalah faktor manusia sebesar 87,76 %, jenis kendaran dalam hal ini adalah sepeda motor sebesar 59,76 %, sedangkan profesi yang sering mengalami kecelakaan adalah wiraswasta sebesar 30,77 %, indeks keparahan kritis sebesar 15,620 %, EANc sebesar 102,121 %, EPDOc sebesar 259,021 %, kemudian untuk daerah rawan kecelakaan ruas jalan Purwodadi-Semarang berdasarkan EAN terjadi pada (Km ±07.000-±10.000) sebesar 233, sedangkan berdasarkan EPDO terjadi pada (Km ±07.000-±10.000) sebesar 616. Salah satu alternatif pemecahan masalah untuk dapat mengurangi kecelakaan adalah: meningkatkan pengetahuan dan kesadaran berlalulintas, memberikan fasilitas keamanan bagi pengguna jalan, merawat dan memperbaiki jalan, rambu dan marka. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/13/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/16/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/19/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/20/bab_5_new%2C6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13793/8/Lampiran.pdf ATMOKO, KUKUH PUJI (2006) ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA (Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000 Di Kabupaten Grobogan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100990017 |
spellingShingle | TA Civil Engineering ATMOKO, KUKUH PUJI ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA (Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000 Di Kabupaten Grobogan) |
title | ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA
(Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000
Di Kabupaten Grobogan)
|
title_full | ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA
(Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000
Di Kabupaten Grobogan)
|
title_fullStr | ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA
(Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000
Di Kabupaten Grobogan)
|
title_full_unstemmed | ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA
(Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000
Di Kabupaten Grobogan)
|
title_short | ANALISA KECELAKAAN LALULINTAS DAN STRATEGI PENANGANANNYA
(Studi kasus ruas jalan Purwodadi-Semarang km± 00,000-± 10,000
Di Kabupaten Grobogan)
|
title_sort | analisa kecelakaan lalulintas dan strategi penanganannya studi kasus ruas jalan purwodadi semarang km 00 000 10 000 di kabupaten grobogan |
topic | TA Civil Engineering |
url | https://eprints.ums.ac.id/13793/ |
work_keys_str_mv | AT atmokokukuhpuji analisakecelakaanlalulintasdanstrategipenanganannyastudikasusruasjalanpurwodadisemarangkm0000010000dikabupatengrobogan |