PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOFITASARI, RENNY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13786/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995970848522240
author NOFITASARI, RENNY
author_facet NOFITASARI, RENNY
author_sort NOFITASARI, RENNY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VI FKIP UMS Tahun Akademik 2010/ 2011 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 48 orang mahasiswa dengan teknik random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,850 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 2) Kemandirian dalam mengerjakan tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,442 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,054 > 3,204 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif 25,1%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan efektif 20,8%,. Jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,9%, sedangkan 54,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13786
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13786 https://eprints.ums.ac.id/13786/ PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011 NOFITASARI, RENNY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VI FKIP UMS Tahun Akademik 2010/ 2011 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 48 orang mahasiswa dengan teknik random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,850 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. 2) Kemandirian dalam mengerjakan tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,442 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3) Aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,054 > 3,204 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif 25,1%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan efektif 20,8%,. Jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,9%, sedangkan 54,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/5/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/11/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/14/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13786/21/9._LAMPIRAN.pdf NOFITASARI, RENNY (2011) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070126
spellingShingle L Education (General)
NOFITASARI, RENNY
PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title_full PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title_fullStr PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title_short PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
title_sort pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi semester vi fkip universitas muhammadiyah surakarta tahun akademik 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13786/
work_keys_str_mv AT nofitasarirenny pengaruhaktivitasbelajardankemandiriandalammengerjakantugasterhadapprestasibelajarmahasiswapendidikanakuntansisemestervifkipuniversitasmuhammadiyahsurakartatahunakademik20102011