PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13786/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh aktivitas belajar
terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas
terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam
mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi semester VI
FKIP UMS Tahun Akademik 2010/ 2011 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel
diambil sebanyak 48 orang mahasiswa dengan teknik random sampling cara
undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji
keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier
ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan
sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh
thitung > ttabel, yaitu 2,850 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu
0,007. 2) Kemandirian dalam mengerjakan tugas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung >
ttabel, yaitu 2,442 > 2,014 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,019. 3)
Aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,054 > 3,204 dan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel aktivitas belajar
memberikan sumbangan efektif 25,1%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan
tugas memberikan sumbangan efektif 20,8%,. Jadi total sumbangan efektif adalah
sebesar 45,9%, sedangkan 54,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti. |
---|