PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13785/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995970576941056 |
---|---|
author | FADHILAH, ISTRI |
author_facet | FADHILAH, ISTRI |
author_sort | FADHILAH, ISTRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh
orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui
pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar
akuntansi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 120 siswa.
Sampel diambil sebanyak adalah 89 orang siswa dengan teknik sampel random
sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket
sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan
sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 6,901+ 0,970X1
+ 0,761X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi siswa
dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang
diambil adalah: 1) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi
belajar akumtansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat
diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa
thitung > ttabel, 4,870 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan
sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif 26,16%; 2) “Ada pengaruh
antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi
linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,879 > 1,988 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan
sumbangan efektif 18,94%; 3) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi
regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,266 > 3,103 dan
nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar
0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan
Kemandirian Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%,
sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13785 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13785 https://eprints.ums.ac.id/13785/ PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 FADHILAH, ISTRI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 89 orang siswa dengan teknik sampel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 6,901+ 0,970X1 + 0,761X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akumtansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 4,870 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif 26,16%; 2) “Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,879 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif 18,94%; 3) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,266 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/3/3._Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/6/4._Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/9/5._Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/12/6._Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/15/7._Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/18/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/23/9._Lampiran.pdf FADHILAH, ISTRI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070168 |
spellingShingle | L Education (General) FADHILAH, ISTRI PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ips sma negeri 1 karanganom tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13785/ |
work_keys_str_mv | AT fadhilahistri pengaruhpolaasuhorangtuadankemandirianbelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiipssmanegeri1karanganomtahunajaran20102011 |