PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FADHILAH, ISTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13785/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995970576941056
author FADHILAH, ISTRI
author_facet FADHILAH, ISTRI
author_sort FADHILAH, ISTRI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 89 orang siswa dengan teknik sampel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 6,901+ 0,970X1 + 0,761X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akumtansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 4,870 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif 26,16%; 2) “Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,879 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif 18,94%; 3) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,266 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13785
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13785 https://eprints.ums.ac.id/13785/ PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011 FADHILAH, ISTRI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 89 orang siswa dengan teknik sampel random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 6,901+ 0,970X1 + 0,761X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akumtansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 4,870 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 58% dan sumbangan efektif 26,16%; 2) “Ada pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,879 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif 18,94%; 3) “Ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Karanganom” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 35,266 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/3/3._Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/6/4._Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/9/5._Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/12/6._Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/15/7._Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/18/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13785/23/9._Lampiran.pdf FADHILAH, ISTRI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070168
spellingShingle L Education (General)
FADHILAH, ISTRI
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ips sma negeri 1 karanganom tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13785/
work_keys_str_mv AT fadhilahistri pengaruhpolaasuhorangtuadankemandirianbelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiipssmanegeri1karanganomtahunajaran20102011