PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motiva...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI, NOVI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13783/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995970027487232
author WULANDARI, NOVI
author_facet WULANDARI, NOVI
author_sort WULANDARI, NOVI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 159 siswa. Dalam penelitian jumlah sampel adalah 110. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji t, uji F dan R2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y= 84,670 + 0,046X1 + 0,197X2, artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi siswa mengenai kepribadian guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru sebesar 2,179 sehingga thitung > ttabel atau 2,179 > 1,982 (a = 0,05); 2) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,300 sehingga thitung > ttabel atau 2,300 > 1,982 (a = 0,05); 3) persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan Fhitung > Ftabel atau 3,739 > 3,081 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,049 ; berarti 4,9 % prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa mengena i kepribadian guru dan motivasi belajar, sisanya sebesar 95,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13783
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13783 https://eprints.ums.ac.id/13783/ PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 WULANDARI, NOVI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 159 siswa. Dalam penelitian jumlah sampel adalah 110. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan uji t, uji F dan R2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y= 84,670 + 0,046X1 + 0,197X2, artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi siswa mengenai kepribadian guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel persepsi siswa mengenai kepribadian guru sebesar 2,179 sehingga thitung > ttabel atau 2,179 > 1,982 (a = 0,05); 2) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,300 sehingga thitung > ttabel atau 2,300 > 1,982 (a = 0,05); 3) persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan Fhitung > Ftabel atau 3,739 > 3,081 (a = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,049 ; berarti 4,9 % prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa mengena i kepribadian guru dan motivasi belajar, sisanya sebesar 95,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/4/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/7/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/10/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/12/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/15/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/18/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13783/20/9._LAMPIRAN.pdf WULANDARI, NOVI (2011) PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070089
spellingShingle L Education (General)
WULANDARI, NOVI
PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PERSEPSI SISWA MENGENAI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort persepsi siswa mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi ips sma negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13783/
work_keys_str_mv AT wulandarinovi persepsisiswamengenaikepribadiangurudanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiipssmanegeri2sukoharjotahunpelajaran20102011