PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Adakah pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13782/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh
penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Adakah pengaruh
kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Adakah pengaruh secara
bersama-sama penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap
prestasi belajar ekonomi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X pada SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak adalah 50 orang siswa
dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui
angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji
reliabilitas serta diuji prasyarat analisi (Uji Normalitas dan Linearitas). Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan
sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,280 + 0,734X1
+ 0,821X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh media
pembelajaran dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh
yang signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa
kelas X SMA Negeri 1 Wedi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier
ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,194 > 2,012 dan nilai signifikansi <
0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 13,7%; 2) Ada pengaruh yang
signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X
SMA Negeri 1 Wedi ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda
(uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,288 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,027 dengan sumbangan efektif sebesar 14,5%; 3) Ada pengaruh yang signifikan
antara media pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh
terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi ” dapat
diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa
Fhitung > Ftabel, yaitu 9,230 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan
koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi
(R2) sebesar 0,282 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh media pembelajaran dan
kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,2% sedangkan 71,8%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|