PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WEDI TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Adakah pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWI, RASANIS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13782/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Adakah pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan media pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada SMA Negeri 1 Wedi. Sampel diambil sebanyak adalah 50 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas serta diuji prasyarat analisi (Uji Normalitas dan Linearitas). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,280 + 0,734X1 + 0,821X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran dan kebiasaan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,194 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan efektif sebesar 13,7%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,288 > 2,012 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan efektif sebesar 14,5%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wedi ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,230 > 3,195 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,381. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,282 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh media pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 28,2% sedangkan 71,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.