PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG

Tujuan penelitian ini adalah : 1) yaitu mengendalikan kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal; 2) Mengidentifikasi peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TK Tarbiyatul Athfa...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: KUSUMAWATI, ULFA AMIN
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
English
English
English
English
English
English
Vydáno: 2011
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/13781/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804995969461256192
author KUSUMAWATI, ULFA AMIN
author_facet KUSUMAWATI, ULFA AMIN
author_sort KUSUMAWATI, ULFA AMIN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah : 1) yaitu mengendalikan kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal; 2) Mengidentifikasi peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TK Tarbiyatul Athfal Bakalan Susukan Kabupaten Semarang. Subyek penelitian ini adalah anak-anak dan obyek penelitian adalah emosi anak. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode pengamatan atau observasi, dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode alur ya itu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Kondisi perkembangan emosi anak ditemukan terdapat beberapa kemampuan anak membantu teman dalam bermain, hal tersebut masih sulit dilakukan sebagian anak setelah membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan. Memelihara peran dalam bermain. Kondisi emosi sebagian anak ada yang mampu untuk tidak memaksa kehendak pada orang lain dan membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan berkembang cukup lancar. Dalam membantu teman bermain merupakan kondisi yang masih sulit dilakukan sebagian anak setelah kondisi anak dalam membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan. Kemudian egosentris yang masih mendominasi, sering menunjukkan perilaku memaksa kehendak kepada orang lain sehingga mendorong munculnya konflik dengan teman sebayanya. 2) Peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal tidak mengalami kendala yang berarti. Artinya, perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal berjalan dengan normal. Sikap kenakalan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di TK Tarbiyatul Athfal secara umum tidak berlebihan. Sehingga tidak ada indikasi perkembangan emosi yang hiperaktif. Peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal sangat besar, karena adanya hubungan kedekatan antara orang tua dengan anak, kesempatan untuk memberikan pelajaran terhadap perkembangan emosi anak dan terakhir peran orang tua dalam menjalin hubungan untuk pendidikan anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13781
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13781 https://eprints.ums.ac.id/13781/ PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG KUSUMAWATI, ULFA AMIN LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah : 1) yaitu mengendalikan kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal; 2) Mengidentifikasi peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TK Tarbiyatul Athfal Bakalan Susukan Kabupaten Semarang. Subyek penelitian ini adalah anak-anak dan obyek penelitian adalah emosi anak. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode pengamatan atau observasi, dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode alur ya itu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) kondisi emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Kondisi perkembangan emosi anak ditemukan terdapat beberapa kemampuan anak membantu teman dalam bermain, hal tersebut masih sulit dilakukan sebagian anak setelah membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan. Memelihara peran dalam bermain. Kondisi emosi sebagian anak ada yang mampu untuk tidak memaksa kehendak pada orang lain dan membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan berkembang cukup lancar. Dalam membantu teman bermain merupakan kondisi yang masih sulit dilakukan sebagian anak setelah kondisi anak dalam membantu teman bermain yang membutuhkan pertolongan. Kemudian egosentris yang masih mendominasi, sering menunjukkan perilaku memaksa kehendak kepada orang lain sehingga mendorong munculnya konflik dengan teman sebayanya. 2) Peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal. Berdasarkan hasil penelitian, kondisi perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal tidak mengalami kendala yang berarti. Artinya, perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal berjalan dengan normal. Sikap kenakalan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di TK Tarbiyatul Athfal secara umum tidak berlebihan. Sehingga tidak ada indikasi perkembangan emosi yang hiperaktif. Peranan orang tua dalam perkembangan emosi anak TK Tarbiyatul Athfal sangat besar, karena adanya hubungan kedekatan antara orang tua dengan anak, kesempatan untuk memberikan pelajaran terhadap perkembangan emosi anak dan terakhir peran orang tua dalam menjalin hubungan untuk pendidikan anak. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/4/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/7/Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/12/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/17/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13781/22/Lampiran-lampiran.pdf KUSUMAWATI, ULFA AMIN (2011) PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080108
spellingShingle LB Theory and practice of education
KUSUMAWATI, ULFA AMIN
PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title_full PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title_fullStr PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title_full_unstemmed PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title_short PERAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK TK TARBIYATUL ATHFAL DI BAKALAN SUSUKAN SEMARANG
title_sort peran orang tua dalam perkembangan emosi anak tk tarbiyatul athfal di bakalan susukan semarang
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13781/
work_keys_str_mv AT kusumawatiulfaamin peranorangtuadalamperkembanganemosianaktktarbiyatulathfaldibakalansusukansemarang