PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: PUSPITARINI, SANTI
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
English
English
English
English
English
English
Almmustuhtton: 2011
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/13780/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
_version_ 1804995969170800640
author PUSPITARINI, SANTI
author_facet PUSPITARINI, SANTI
author_sort PUSPITARINI, SANTI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa secara bersama- sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan untuk diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,098+ 0,008X1 + 0,025X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,506 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 5,776%; 2) Ada pengaruh yang positif antara komunikasi antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,019 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 30,324%; 3) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,959 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,361. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,361 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 36,1%, sedangkan 63,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13780
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13780 https://eprints.ums.ac.id/13780/ PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA PUSPITARINI, SANTI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa secara bersama- sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan untuk diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,098+ 0,008X1 + 0,025X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,506 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 5,776%; 2) Ada pengaruh yang positif antara komunikasi antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,019 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 30,324%; 3) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,959 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,361. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,361 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 36,1%, sedangkan 63,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/4/3._Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/5/4._Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/6/5._Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/11/6._Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/15/7._Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/18/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13780/21/9._Lampiran.pdf PUSPITARINI, SANTI (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A2100700144
spellingShingle L Education (General)
PUSPITARINI, SANTI
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_full PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_short PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
title_sort pengaruh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa progdi pendidikan akuntansi angkatan 2008 2009 universitas muhammadiyah surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13780/
work_keys_str_mv AT puspitarinisanti pengaruhpersepsimahasiswaatasketerampilanmengajardosendankomunikasiantaradosendanmahasiswaterhadapprestasibelajarmahasiswaprogdipendidikanakuntansiangkatan20082009universitasmuhammadiyahsurakarta