PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara...
Պահպանված է:
Հիմնական հեղինակ: | |
---|---|
Ձևաչափ: | Թեզիս |
Լեզու: | English English English English English English English English |
Հրապարակվել է: |
2011
|
Խորագրեր: | |
Առցանց հասանելիություն: | https://eprints.ums.ac.id/13780/ |
Ցուցիչներ: |
Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
|
Ամփոփում: | Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi
mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2)
Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi
belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas
keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa secara
bersama- sama terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan
kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh
melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan untuk diuji validitas
serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,098+ 0,008X1 +
0,025X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi
oleh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen
dengan mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif
antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar
mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung
> ttabel, yaitu 2,506 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan
efektif sebesar 5,776%; 2) Ada pengaruh yang positif antara komunikasi antara dosen dan
mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier
ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,019 > 1,980 dan nilai signifikansi <
0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 30,324%; 3) Ada pengaruh yang
positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi
antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda
(uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,959 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05,
yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,361. 4) Hasil uji
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,361 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi
mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan
mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 36,1%, sedangkan 63,9%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|