PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar; 3) pengaruh persepsi siswa entang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PANGESTIKA, MITHA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13779/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995968858324992
author PANGESTIKA, MITHA
author_facet PANGESTIKA, MITHA
author_sort PANGESTIKA, MITHA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar; 3) pengaruh persepsi siswa entang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis statistik untuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AL Islam I Surakarta yang berjumlah 326 orang siswa. Sampel yang diambil sebesar 65 orang siswa (20%) dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling (sampling acak). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta perhitunga n sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,938 + 1,133.X1 + 0,946.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar IPS ekonomi siswa ditentukan oleh tinggi rendahnya persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi antara guru dengan siswa. Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (7,214 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 44,9%; 2) Kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,277 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 14%; 3) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 44,462 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru memberikan kontribusi sebesar 58,9% terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13779
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13779 https://eprints.ums.ac.id/13779/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 PANGESTIKA, MITHA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar; 2) pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar; 3) pengaruh persepsi siswa entang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis statistik untuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AL Islam I Surakarta yang berjumlah 326 orang siswa. Sampel yang diambil sebesar 65 orang siswa (20%) dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling (sampling acak). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta perhitunga n sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,938 + 1,133.X1 + 0,946.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar IPS ekonomi siswa ditentukan oleh tinggi rendahnya persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi antara guru dengan siswa. Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (7,214 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 44,9%; 2) Kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,277 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar IPS ekonomi adalah sebesar 14%; 3) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 44,462 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru memberikan kontribusi sebesar 58,9% terhadap prestasi belajar IPS ekonomi siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/4/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/7/Bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/10/Bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/11/Bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/14/Bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/19/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13779/22/Lampiran.pdf PANGESTIKA, MITHA (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070024
spellingShingle L Education (General)
PANGESTIKA, MITHA
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar ips ekonomi siswa kelas viii smp al islam i surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13779/
work_keys_str_mv AT pangestikamitha pengaruhpersepsisiswatentangprofesionalismegurudankemampuankomunikasiguruterhadapprestasibelajaripsekonomisiswakelasviiismpalislamisurakartatahunajaran20102011