NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK

Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang tergambar dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dengan mengunakan pendekatan semiotik. Penelitian ini menggu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13772/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995966945722368
author KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA
author_facet KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA
author_sort KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang tergambar dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dengan mengunakan pendekatan semiotik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian adalah nilai-nilai edukatif novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. Data penelitian berupa kata-kata, frasa, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata terbitan Bentang, Yogyakarta, tahun 2010. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pembacaan semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian berdasarkan pendekatan strukturalisme, yaitu tema: pengorbanan dan perjuangan anak berusia 14 tahun. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokoh utama: Enong, dan tokoh andalan: Zamzami, Syalimah, Ikal, Detektif M. Nur, dan Zinar. Latar tempat: Pulau Balitong, Tanjong Pandan, Numpang Miskin, dan Tanjung Pinang. Latar Waktu: sekitar tahun 1974 dan 23 Oktober. Latar suasana menceriterakan kehidupan sosial masyarakat miskin yang bekerja pendulang timah. Hasil penelitian berdasarkan tinjauan semiotik, yaitu nilai-nilai edukatif dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata: (a) Nilai cinta dan kasih sayang, terdiri (1) Cinta dan kasih sayang terhadap sesama dapat diketahui melalui sikap Enong kepada Ikal yang memahami masalah yang dialami Ikal dan sikap lelaki tua yang menolong Enong, meskipun lelaki tua tesebut juga dalam kesulitan karena usahanya rugi, (2) Cinta dan kasih sayang kepada keluarga dapat terlihat dari sikap Enong yang rela putus sekolah demi menggantikan posisi ayahnya menjadi tulang punggung keluarga; (b) Nilai tanggung jawab tampak pada sikap Enong yang rela menjadi pendulang timah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya setelah ayahnya meninggal; (c) Nilai kebahagiaan tampak saat Enong mendapat timah pertama dan saat keinginannya untuk kursus bahasa Inggris terwujud.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13772
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13772 https://eprints.ums.ac.id/13772/ NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA L Education (General) Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dan (2) mendeskripsikan nilai-nilai edukatif yang tergambar dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata dengan mengunakan pendekatan semiotik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek penelitian adalah nilai-nilai edukatif novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. Data penelitian berupa kata-kata, frasa, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata terbitan Bentang, Yogyakarta, tahun 2010. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pembacaan semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian berdasarkan pendekatan strukturalisme, yaitu tema: pengorbanan dan perjuangan anak berusia 14 tahun. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokoh utama: Enong, dan tokoh andalan: Zamzami, Syalimah, Ikal, Detektif M. Nur, dan Zinar. Latar tempat: Pulau Balitong, Tanjong Pandan, Numpang Miskin, dan Tanjung Pinang. Latar Waktu: sekitar tahun 1974 dan 23 Oktober. Latar suasana menceriterakan kehidupan sosial masyarakat miskin yang bekerja pendulang timah. Hasil penelitian berdasarkan tinjauan semiotik, yaitu nilai-nilai edukatif dalam novel Padang Bulan karya Andrea Hirata: (a) Nilai cinta dan kasih sayang, terdiri (1) Cinta dan kasih sayang terhadap sesama dapat diketahui melalui sikap Enong kepada Ikal yang memahami masalah yang dialami Ikal dan sikap lelaki tua yang menolong Enong, meskipun lelaki tua tesebut juga dalam kesulitan karena usahanya rugi, (2) Cinta dan kasih sayang kepada keluarga dapat terlihat dari sikap Enong yang rela putus sekolah demi menggantikan posisi ayahnya menjadi tulang punggung keluarga; (b) Nilai tanggung jawab tampak pada sikap Enong yang rela menjadi pendulang timah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya setelah ayahnya meninggal; (c) Nilai kebahagiaan tampak saat Enong mendapat timah pertama dan saat keinginannya untuk kursus bahasa Inggris terwujud. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/20/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13772/23/Lampiran_Sinopsis_Novel.pdf KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA (2011) NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A310070114
spellingShingle L Education (General)
KUSUMAWATI, PITA AYU DWI PATMA
NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title_full NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title_fullStr NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title_full_unstemmed NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title_short NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL PADANG BULAN KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SEMIOTIK
title_sort nilai nilai edukatif dalam novel padang bulan karya andrea hirata tinjauan semiotik
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13772/
work_keys_str_mv AT kusumawatipitaayudwipatma nilainilaiedukatifdalamnovelpadangbulankaryaandreahiratatinjauansemiotik