TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV, dan (2) Mendeskripsikan fungsi tindak ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIYANTO, PUJIYANTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13771/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995966675189760
author PUJIYANTO, PUJIYANTO
author_facet PUJIYANTO, PUJIYANTO
author_sort PUJIYANTO, PUJIYANTO
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV, dan (2) Mendeskripsikan fungsi tindak ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam dan catat untuk memperoleh data. Teknik rekam adalah teknik yang dilakukan dengan perekaman yang menggunakan tape recorder tertentu sebagai alatnya. Teknik catat adalah teknik yang dilakukan pencatatan pada kartu data yang segera dilanjutkan dengan klasifikasi. Peneliti menganalisis data dengan metode padan. Metode padan merupakan analisis data yang memiliki alat penentu di luar bahasa, terlepas dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik referensial dan teknik pragmatis. Teknis referensial digunakan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk implikatur, sedangkan teknik pragmatis digunakan untuk menjelaskan implikasi dan mengetahui faktor yang menyebabkan pemakaian-pemakaian tindak tutur ilokusi. Metode penyajian formal adalah penyajian dengan menggunakan tanda-tanda atau lambang. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi pada wacana iklan produk di Trans TV. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas lima jenis tindak tutur yaitu: 1) tindak tutur representatif terdapat lima jenis meliputi menyatakan, mengakui, melaporkan, menyebutkan, dan menunjukkan, 2) tindak tutur direktif terdapat enam jenis meliputi meminta, menyuruh, memohon, menyarankan, memaksa, dan memberikan aba-aba, 3) tindak tutur komisif terdapat satu jenis yaitu menyatakan kesanggupan, 4) tindak tutur ekspresif terdapat empat jenis yaitu meliputi mengucapkan terima kasih, mengkritik, mengeluh, dan memuji, dan 5) tindak tutur deklaratif terdapat dua jenis yaitu memutuskan dan mengabulkan. Fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas empat fungsi yaitu, 1) fungsi kompetitif terdapat satu fungsi yaitu meminta, 2) fungsi menyenangkan terdapat dua fungsi yaitu mengucapkan terima kasih dan menyapa, 3) fungsi bekerja sama terdapat satu fungsi yaitu melaporkan, dan 4) fungsi bertentangan terdapat satu fungsi yaitu memarahi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13771
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13771 https://eprints.ums.ac.id/13771/ TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV PUJIYANTO, PUJIYANTO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV, dan (2) Mendeskripsikan fungsi tindak ilokusi yang digunakan dalam wacana iklan produk di Trans TV Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik rekam dan catat untuk memperoleh data. Teknik rekam adalah teknik yang dilakukan dengan perekaman yang menggunakan tape recorder tertentu sebagai alatnya. Teknik catat adalah teknik yang dilakukan pencatatan pada kartu data yang segera dilanjutkan dengan klasifikasi. Peneliti menganalisis data dengan metode padan. Metode padan merupakan analisis data yang memiliki alat penentu di luar bahasa, terlepas dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik referensial dan teknik pragmatis. Teknis referensial digunakan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk implikatur, sedangkan teknik pragmatis digunakan untuk menjelaskan implikasi dan mengetahui faktor yang menyebabkan pemakaian-pemakaian tindak tutur ilokusi. Metode penyajian formal adalah penyajian dengan menggunakan tanda-tanda atau lambang. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi pada wacana iklan produk di Trans TV. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas lima jenis tindak tutur yaitu: 1) tindak tutur representatif terdapat lima jenis meliputi menyatakan, mengakui, melaporkan, menyebutkan, dan menunjukkan, 2) tindak tutur direktif terdapat enam jenis meliputi meminta, menyuruh, memohon, menyarankan, memaksa, dan memberikan aba-aba, 3) tindak tutur komisif terdapat satu jenis yaitu menyatakan kesanggupan, 4) tindak tutur ekspresif terdapat empat jenis yaitu meliputi mengucapkan terima kasih, mengkritik, mengeluh, dan memuji, dan 5) tindak tutur deklaratif terdapat dua jenis yaitu memutuskan dan mengabulkan. Fungsi tindak tutur ilokusi yang ditemukan terdiri atas empat fungsi yaitu, 1) fungsi kompetitif terdapat satu fungsi yaitu meminta, 2) fungsi menyenangkan terdapat dua fungsi yaitu mengucapkan terima kasih dan menyapa, 3) fungsi bekerja sama terdapat satu fungsi yaitu melaporkan, dan 4) fungsi bertentangan terdapat satu fungsi yaitu memarahi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/2/bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/3/bab_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/4/bab_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/5/bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/6/bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/7/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13771/8/LAMPIRAN.pdf PUJIYANTO, PUJIYANTO (2011) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A310070202
spellingShingle L Education (General)
PUJIYANTO, PUJIYANTO
TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title_full TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title_fullStr TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title_full_unstemmed TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title_short TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA WACANA IKLAN PRODUK DI TRANS TV
title_sort tindak tutur ilokusi pada wacana iklan produk di trans tv
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13771/
work_keys_str_mv AT pujiyantopujiyanto tindaktuturilokusipadawacanaiklanprodukditranstv