PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRAJAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar Matematika dengan menerapkan strategi Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Krajan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan a...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: DEWI, CAHYA ARYANA
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2011
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/13770/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar Matematika dengan menerapkan strategi Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Krajan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Krajan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada pokok Persegi. Hal ini dapat dilihat dari 1) antusias siswa dalam mendengarkan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 45 %, di akhir siklus mencapai 90 %, 2) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 30 % di akhir siklus mencapai 95 %, serta 3) menanyakan materi yang belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 20 %, pada di akhir siklus mencapai 90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 40 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 95 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.