PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu dengan metode discovery inquiry melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – April 2011. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARTINI, TRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13769/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995966133075968
author HARTINI, TRI
author_facet HARTINI, TRI
author_sort HARTINI, TRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu dengan metode discovery inquiry melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – April 2011. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Kaling Tasikmadu sejumlah 25 anak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Rata-rata nilai anak sebelum dilakukan tindakan adalah 61 setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata anak 65 dan nilai rata-rata pada siklus II 84. 2) Ketuntasan minimal sebelum dilakukan tindakan adalah dari 25 siswa masih terdapat 12 siswa atau 48% yang belum tuntas, siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 9 siswa atau 36 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 8% dan 92% telah tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penggunaan metode discovery inquiry melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III semester II di SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13769
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13769 https://eprints.ums.ac.id/13769/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011) HARTINI, TRI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu dengan metode discovery inquiry melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – April 2011. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Kaling Tasikmadu sejumlah 25 anak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Rata-rata nilai anak sebelum dilakukan tindakan adalah 61 setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata anak 65 dan nilai rata-rata pada siklus II 84. 2) Ketuntasan minimal sebelum dilakukan tindakan adalah dari 25 siswa masih terdapat 12 siswa atau 48% yang belum tuntas, siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 9 siswa atau 36 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 8% dan 92% telah tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penggunaan metode discovery inquiry melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III semester II di SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13769/11/LAMPIRAN.pdf HARTINI, TRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070482
spellingShingle LB Theory and practice of education
HARTINI, TRI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)
title_sort peningkatan hasil belajar matematika dengan metode discovery inquiry melalui media gambar penelitian tindakan kelas pada siswa kelas iii semester ii sdn 03 kaling tasikmadu karanganyar tahun 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13769/
work_keys_str_mv AT hartinitri peningkatanhasilbelajarmatematikadenganmetodediscoveryinquirymelaluimediagambarpenelitiantindakankelaspadasiswakelasiiisemesteriisdn03kalingtasikmadukaranganyartahun20102011