PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DISCOVERY INQUIRY MELALUI MEDIA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar Tahun 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu dengan metode discovery inquiry melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – April 2011. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HARTINI, TRI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13769/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III semester II SDN 03 Kaling Tasikmadu dengan metode discovery inquiry melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari – April 2011. Adapun subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Kaling Tasikmadu sejumlah 25 anak. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Rata-rata nilai anak sebelum dilakukan tindakan adalah 61 setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata anak 65 dan nilai rata-rata pada siklus II 84. 2) Ketuntasan minimal sebelum dilakukan tindakan adalah dari 25 siswa masih terdapat 12 siswa atau 48% yang belum tuntas, siklus I yang belum tuntas menurun tinggal 9 siswa atau 36 %, siklus II yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 8% dan 92% telah tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, penggunaan metode discovery inquiry melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III semester II di SDN 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar.