PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI BAHAYA DAN MANFAAT INTERNET DENGAN METODE DEBAT AKTIF ANAK KELAS V SD NEGERI 02 DELINGAN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa lak...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: PUJIASTUTI, NUR SETYA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13768/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menanggapi, khususnya materi tentang internet. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1). Berpendapat sebelum tindakan 12,12%, siklus I pertemuan 1 18,18% dan pertemuan 2 30,30%, siklus II pertemuan 1 54,55% dan pertemuan 2 69,70%, siklus III pertemuan 1 78,79% dan pertemuan 2 100%. 2). Mengemukakan sanggahan sebelum tindakan 6,06%, siklus I pertemuan 1 9,09% dan pertemuan 2 24,24%, siklus II pertemuan 1 30,30% dan pertemuan 2 45,45%, dan siklus III pertemuan 1 60,61% dan pertemuan 2 81,82%. 3). Menyampaikan solusi sebelum tindakan 3,03%, siklus I 21,21%, siklus II 51,52%, dan siklus III 90,91%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia