PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI BAHAYA DAN MANFAAT INTERNET DENGAN METODE DEBAT AKTIF ANAK KELAS V SD NEGERI 02 DELINGAN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa lak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUJIASTUTI, NUR SETYA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13768/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet dengan metode debat aktif. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Delingan yang berjumlah 33 siswa, 17 siswaa putri dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menanggapi, khususnya materi tentang internet. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1). Berpendapat sebelum tindakan 12,12%, siklus I pertemuan 1 18,18% dan pertemuan 2 30,30%, siklus II pertemuan 1 54,55% dan pertemuan 2 69,70%, siklus III pertemuan 1 78,79% dan pertemuan 2 100%. 2). Mengemukakan sanggahan sebelum tindakan 6,06%, siklus I pertemuan 1 9,09% dan pertemuan 2 24,24%, siklus II pertemuan 1 30,30% dan pertemuan 2 45,45%, dan siklus III pertemuan 1 60,61% dan pertemuan 2 81,82%. 3). Menyampaikan solusi sebelum tindakan 3,03%, siklus I 21,21%, siklus II 51,52%, dan siklus III 90,91%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat aktif dapat meningkatkan kemampuan menanggapi bahaya dan manfaat internet khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia