PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
English
English
English
English
English
English
প্রকাশিত: 2011
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/13767/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1804995965585719296
author UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
author_facet UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
author_sort UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13767
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13767 https://eprints.ums.ac.id/13767/ PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011 UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Strategi everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan makanan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, pada putaran I sebesar 45,45%, pada putaran II sebesar 81,81%, di akhir putaran mencapai 90,90 %, 2) menjawab pertanyaan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 27,27 %, pada putaran I sebesar 36,36 %, pada putaran II sebesar 72,72 %, di akhir putaran mencapai 100 %, serta 3) mengungkapkan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 36,36 %, pada putaran I sebesar 45,45 %, pada putaran II sebesar 54,54%, di akhir putaran mencapai 81,81 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 27,27 %, pada putaran I mencapai daya serap 45,45 %, pada putaran II mencapai daya serap 72,72% sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/9/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/11/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/18/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/19/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13767/20/09_LAMPIRAN.pdf UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070259
spellingShingle LB Theory and practice of education
UTAMI, PRADNYANINGTYAS DWI
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TUNGGULSARI 2 SURAKARTA Tahun Pelajaran 2010 / 2011
title_sort peningkatan keaktifan belajar siswa melalui strategi everyone is a teacher here pada mata pelajaran ipa kelas v sd negeri tunggulsari 2 surakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13767/
work_keys_str_mv AT utamipradnyaningtyasdwi peningkatankeaktifanbelajarsiswamelaluistrategieveryoneisateacherherepadamatapelajaranipakelasvsdnegeritunggulsari2surakartatahunpelajaran20102011