STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, IKA PURNAMA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995965313089536
author SARI, IKA PURNAMA
author_facet SARI, IKA PURNAMA
author_sort SARI, IKA PURNAMA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian 48 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 24 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5 % dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil t-hitung = 0,577 < t-tabel = 1,679 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum penelitian dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Liliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,941 > t-tabel = 1,679 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Dari nilai rata-rata postest kelompok eksperimen 84,58 dan SD = 9,99 dan nilai postest kelompok kontrol diperoleh rata-rata 74,79 dan SD = 6,99, maka prestasi matematika siswa kelas IV menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan metode Team Assisted Individualization (TAI).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13766
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13766 https://eprints.ums.ac.id/13766/ STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SARI, IKA PURNAMA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian 48 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 24 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5 % dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil t-hitung = 0,577 < t-tabel = 1,679 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum penelitian dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Liliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,941 > t-tabel = 1,679 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Dari nilai rata-rata postest kelompok eksperimen 84,58 dan SD = 9,99 dan nilai postest kelompok kontrol diperoleh rata-rata 74,79 dan SD = 6,99, maka prestasi matematika siswa kelas IV menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan metode Team Assisted Individualization (TAI). 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/4/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/5/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/7/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/9/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/11/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13766/13/09_LAMPIRAN.pdf SARI, IKA PURNAMA (2011) STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070192
spellingShingle LB Theory and practice of education
SARI, IKA PURNAMA
STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title_full STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title_fullStr STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title_short STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR
title_sort studi komparasi metode team assisted individualization tai dan numbered head together nht terhadap prestasi matematika kelas iv sekolah dasar negeri gumpang 1 kartasura pokok bahasan bangun datar
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13766/
work_keys_str_mv AT sariikapurnama studikomparasimetodeteamassistedindividualizationtaidannumberedheadtogethernhtterhadapprestasimatematikakelasivsekolahdasarnegerigumpang1kartasurapokokbahasanbangundatar