STUDI KOMPARASI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUMPANG 1 KARTASURA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARI, IKA PURNAMA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13766/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gumpang 1 Kartasura yang menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian 48 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 24 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5 % dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil t-hitung = 0,577 < t-tabel = 1,679 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum penelitian dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Liliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,941 > t-tabel = 1,679 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Team Assisted Individualization (TAI) dan metode Numbered Head Together (NHT). Dari nilai rata-rata postest kelompok eksperimen 84,58 dan SD = 9,99 dan nilai postest kelompok kontrol diperoleh rata-rata 74,79 dan SD = 6,99, maka prestasi matematika siswa kelas IV menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan metode Team Assisted Individualization (TAI).