STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHARJO, AMIN BUDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13765/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995965041508352
author RAHARJO, AMIN BUDI
author_facet RAHARJO, AMIN BUDI
author_sort RAHARJO, AMIN BUDI
collection ePrints
description Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Team Quiz, dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas, Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada BAB sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Prestasi belajar IPA yang signifikan antara penggunaan metode Konvensional dengan menggunakan strategi Team Quiz pada siswa kelas V SD N 1 Kandangan Tahun 2010/ 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,118 > 2,000. 2) Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai Metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode Konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 72,31> 66,26.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13765
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13765 https://eprints.ums.ac.id/13765/ STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011 RAHARJO, AMIN BUDI LB Theory and practice of education Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Team Quiz, dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas, Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada BAB sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Prestasi belajar IPA yang signifikan antara penggunaan metode Konvensional dengan menggunakan strategi Team Quiz pada siswa kelas V SD N 1 Kandangan Tahun 2010/ 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,118 > 2,000. 2) Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai Metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode Konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 72,31> 66,26. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/1/hal_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/3/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13765/18/LAMPIRAN_DATA.pdf RAHARJO, AMIN BUDI (2011) STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070199
spellingShingle LB Theory and practice of education
RAHARJO, AMIN BUDI
STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort studi perbandingan pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran team quiz terhadap prestasi belajar ipa pada siswa kelas 5 sd negeri 1 kandangan tahun ajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13765/
work_keys_str_mv AT raharjoaminbudi studiperbandinganpembelajarankonvensionaldenganmodelpembelajaranteamquizterhadapprestasibelajaripapadasiswakelas5sdnegeri1kandangantahunajaran20102011