STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 KANDANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13765/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini mengambil lokasi di SD N 1 kandangan Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD N 1 kandangan. Tahun
Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 63 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi
Team Quiz, dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan pembelajaran dengan strategi Konvensional. Metode
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas, Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (uji perbedaan rerata).
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan pada BAB sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Prestasi belajar IPA yang signifikan antara penggunaan metode Konvensional dengan menggunakan strategi Team Quiz pada siswa kelas V SD N 1 Kandangan Tahun 2010/ 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,118 > 2,000. 2) Prestasi belajar IPA siswa yang dikenai Metode Team Quiz lebih baik jika dibandingkan dengan metode Konvensional. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 72,31> 66,26. |
---|