UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 POJOK KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran adalah masalah rendahnya kualitas pembelajaran. Siswa hanya sebagai obyek saja sedangkan pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belaj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAH, NURUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13763/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam penelitian ini salah satu masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran adalah masalah rendahnya kualitas pembelajaran. Siswa hanya sebagai obyek saja sedangkan pembelajaran berpusat pada guru sehingga minat, perhatian dan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang maka hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi Koperasi dengan penggunaan metode Scramble pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010 / 2011. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi : klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran (pra siklus) adalah 38,09%, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 71,42%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus II dengan hasil 100% siswa dapat memenuhi nilai KKM 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Koperasi pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2010 / 2011. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Scramble prosentase hasil belajar dari tiap siklus terjadi peningkatan secara terus menerus pada siswa kelas IV semester II SD Negeri 02 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2010 / 2011.