STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN METODE BELAJAR TUNTAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN PENGKOK I KEDAWUNG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21...

Disgrifiad llawn

Wedi'i Gadw mewn:
Manylion Llyfryddiaeth
Prif Awdur: ANGGRAENI, VIANA TETI
Fformat: Traethawd Ymchwil
Iaith:English
English
English
English
English
English
English
English
Cyhoeddwyd: 2011
Pynciau:
Mynediad Ar-lein:https://eprints.ums.ac.id/13762/
Tagiau: Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
Disgrifiad
Crynodeb:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Pengkok I yang menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitati. Populasi penelitian 42 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas. 21 siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Setelah itu dilakukan uji keseimbangan dengan uji T dengan taraf signifikansi 5% dari perhitungan uji keseimbangan diperoleh hasil thitung = 1,571 < ttabel = 1,683 maka Ho tidak ditolak (diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum eksperimen dalam keadaan seimbang. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Lilliefors) dan uji homogenitas (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipoteis dengan rumus t_tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 6,289 > ttabel = 1,684 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Contekstual Teaching Learning (CTL) dan metode Belajar Tuntas. Dari nilai ratarata post test kelompok eksperimen 89,52 dan Sd= 9,61 dan nilai post test kelompok kontrol diperoleh rata-ratanya 73,57 dan Sd= 6,55, maka hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan Metode Contekstual Teaching Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan metode Belajar Tuntas.