PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI POKAK I CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode multisensori dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar; 2) peningkatan kemampuan membaca permulaan pengaruh dengan penerapan metode multisensori pada siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini termasuk j...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13761/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode multisensori dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar; 2) peningkatan kemampuan membaca permulaan pengaruh dengan penerapan metode multisensori pada siswa kelas I sekolah dasar.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Pokak I Ceper Klaten yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran multisensori pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten dilaksanakan melalui beberapa fase yang dapat dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam hal ini metode multisensori saat belajar membaca diberikan secara visual, auditoris, taktil, dan kinestetik dan terbukti mampu meningkatkan kepekaan alat indera dan akhirnya mempertajam perhatian yang berguna bagi proses belajar. Pembelajaran multisensori dilakukan dengan
proses penelurusan/perabaan dengan jari tangan dan mengkoordinasi gerakan tubuh (taktil – kinestetik), kemudian saat menelusuri tersebut anak melihat dan mengucapkan kata dengan keras (visual – auditoris); 2) Pembelajaran dengan pendekatan multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten tahun pelajaran 2010/2011.
Kemampuan membaca permulaan siswa meningkat dari 52,3% pada kondisi awal menjadi 71,2% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 92,3% pada akhir siklus II. |
---|