UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATERI KELILING DAN LUAS PADA KELAS IV DI SD N KRAJAN I WERU SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) Penelitian ini dilaksanakan di SD N Krajan I Weru. Subyek penelitian ini adalah siswa IV SD N Krajan I yang berjumlah 16 sis...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MUJTAHID, ACHMAT
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13760/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) Penelitian ini dilaksanakan di SD N Krajan I Weru. Subyek penelitian ini adalah siswa IV SD N Krajan I yang berjumlah 16 siswa. Tenik analisis data dilakukan dengan analisis intratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeksi. Hasil belajar matematika pada tes awal sebelum siklus diperoleh rata-rata 59,69 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 43,75%, pada siklus I rata-rata yang diperoleh 63,16 dengan ketuntasan belajar klasikal 56,25%. dan Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 69,69 dengan ketuntasan belajar klasikal 68,75%. Pada siklus III hasil belajar juga meningkat dengan nilai rata-rata 76,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Dengan penerapan strategi pembelajaran Nambered Heads Together dalam pembelajaran matematika dengan materi keliling dan luas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.