UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: OKTARIA, MAYA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13758/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995963136245760
author OKTARIA, MAYA
author_facet OKTARIA, MAYA
author_sort OKTARIA, MAYA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13758
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13758 https://eprints.ums.ac.id/13758/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 OKTARIA, MAYA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf OKTARIA, MAYA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070126
spellingShingle LB Theory and practice of education
OKTARIA, MAYA
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada siswa kelas v sd negeri pajang iii surakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/13758/
work_keys_str_mv AT oktariamaya upayameningkatkanhasilbelajarmatematikamateriluasbangundatarmelaluimetodepembelajarankooperatifmodelkonstruktivismepadasiswakelasvsdnegeripajangiiisurakartatahunpelajaran20102011