UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru ke...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13758/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995963136245760 |
---|---|
author | OKTARIA, MAYA |
author_facet | OKTARIA, MAYA |
author_sort | OKTARIA, MAYA |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan
hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada
siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13758 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13758 https://eprints.ums.ac.id/13758/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 OKTARIA, MAYA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Konstruktivisme pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang III Surakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada kelas V SD N Pajang III Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011”. Dibuktikan dengan hasil belajar Matematika yang meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada Siklus I 20,94% yang tuntas belajar meningkat menjadi 88,74% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100%, KKM 60. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III Tahun Pelajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/1/2._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/6/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/8/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/10/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/13/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/15/8._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13758/18/9._Lampiran-lampiran.pdf OKTARIA, MAYA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070126 |
spellingShingle | LB Theory and practice of education OKTARIA, MAYA UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PAJANG III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif model konstruktivisme pada siswa kelas v sd negeri pajang iii surakarta tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | LB Theory and practice of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/13758/ |
work_keys_str_mv | AT oktariamaya upayameningkatkanhasilbelajarmatematikamateriluasbangundatarmelaluimetodepembelajarankooperatifmodelkonstruktivismepadasiswakelasvsdnegeripajangiiisurakartatahunpelajaran20102011 |