PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 1V SDN KANDANGAN 01 PURWODADI TAHUN 2010 / 2011

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan metode Make a Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kandangan 01 Purwodadi dalam mata pelajaran IPS. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pene...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SUSANTI, AMBAR
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13757/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan metode Make a Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kandangan 01 Purwodadi dalam mata pelajaran IPS. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kandangan 01 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Koperasi. Hal ini dapat dilihat pembelajaran siklus I perolehan ketuntasan kurang optimal. Dari 28 siswa hanya 15 siswa yang tuntas (53,6%), siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas ( 71,4%), siklus III secara keseluruhan mencapai taraf tuntas 28 (100%), proses pembelajaran IPS melalui metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Permasalahan yang dihadapi dalam penerapan metode Make a Match di SDN Kandangan 01 purwodadi.