PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICAKSONO AJI, GILANG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Sampel diambil sebanyak 38 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 18,124 + 0,532X1 + 0,731X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,368 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 31,63%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,540 > 2,030 dan nilai signifikansi < 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 22,07%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,308 > 3,267 dan nilai signifikansi < 0,05. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,537. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,537 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 53,7%, sedangkan 46,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.