PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 REJOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 3) Untuk mengetahui pengaruh yan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13754/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari; 3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 9,880 + 0,455X1 + 0,363X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan kemandirian belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,091 > 2.052 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,046 dengan sumbangan efektif sebesar 14, 6%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari tahun ajaran 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,200 >
2.052 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 15,9%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Rejosari 2010/2011” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 5,916 > 3,354 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,305. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,305 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh perhatian
orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 30,5% sedangkan 69,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|