PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV Semester Genap di SD N Wirogunan 01)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 sebagai subyek perencanaan tindakan, kepala sekolah seb...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HIDAYATI, LILIS NUR
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13752/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 dengan menggunakan strategi pembelajaran peta konsep. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 sebagai subyek perencanaan tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas IV SD Negeri Wirogunan 01 yang berjumlah 25 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan 1.) adanya peningkatan kreativitas belajar matematika siswa yang meliputi aspek-aspek: a) menemukan cara lain dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 32% dan di akhir tindakan 80%, b) mempunyai ide dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 40% dan di akhir tindakan 72%, c) mengemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebelum tindakan 48% dan di akhir tindakan 84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa sehingga mengakibatkan meningkatnya prestasi belajar.