PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDODO, TRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13749/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995960938430464
author WIDODO, TRI
author_facet WIDODO, TRI
author_sort WIDODO, TRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 22 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan adalah 8 siswa (37%), putaran I sebesar 13 siswa (59%), putaran II sebesar 16 siswa (73%) dan pada putaran terakhir mencapai 19 siswa (86%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 59,09 menjadi 64,55 pada putaran I, meningkat menjadi 69,32 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 75,68 pada putaran terakhir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Jirapan III Masaran.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13749
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13749 https://eprints.ums.ac.id/13749/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 WIDODO, TRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 22 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan adalah 8 siswa (37%), putaran I sebesar 13 siswa (59%), putaran II sebesar 16 siswa (73%) dan pada putaran terakhir mencapai 19 siswa (86%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan 59,09 menjadi 64,55 pada putaran I, meningkat menjadi 69,32 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 75,68 pada putaran terakhir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Jirapan III Masaran. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/10/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/17/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/20/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13749/23/Halaman_Depan.pdf WIDODO, TRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070177
spellingShingle L Education (General)
WIDODO, TRI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan hasil belajar ips dengan metode jigsaw pada siswa kelas v sd n jirapan iii masaran sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13749/
work_keys_str_mv AT widodotri peningkatanhasilbelajaripsdenganmetodejigsawpadasiswakelasvsdnjirapaniiimasaransragentahunajaran20102011