PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD N JIRAPAN III MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Jirapan III Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13749/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode Jigsaw dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri
Jirapan III Masaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek
penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jirapan
III Masaran Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 22 siswa yaitu 7 siswa laki-laki
dan 15 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model
interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini
dilihat dari banyaknya prosentase ketuntasan belajar siswa yang mendapat nilai
lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan adalah 8 siswa (37%), putaran I
sebesar 13 siswa (59%), putaran II sebesar 16 siswa (73%) dan pada putaran
terakhir mencapai 19 siswa (86%). Serta adanya peningkatan nilai rata-rata kelas
dari sebelum tindakan 59,09 menjadi 64,55 pada putaran I, meningkat menjadi
69,32 pada putaran II dan meningkat lagi menjadi 75,68 pada putaran terakhir.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri
Jirapan III Masaran.
|
---|