STUDY PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MOJOSONGO V MOJOSONGO JEBRES SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran POE dan Pencocokan Kartu Indeks terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Mojosongo V Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13748/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk
mengetahui perbedaan antara model pembelajaran POE dan Pencocokan Kartu
Indeks terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Mojosongo V Surakarta.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa SD Negeri Mojosongo V Mojosongo Jebres Surakarta.
Sampel diambil sebanyak adalah 42 orang siswa kelas V. Data yang diperlukan
diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Angket sebelumnya
diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas data, uji linieritas dan uji t.
Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Uji t diketahui bahwa thitung > ttabel,
yaitu 2,984 > 2,035 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005. Sehingga dapat
dikatan bahwa ada pengaruh model pembelajaran POE terhadap prestasi belajar;
2) Uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,358 > 2,035 dan nilai signifikansi <
0,05, yaitu 0,024. Sehingga dapat dikatan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran pencocokan kartu indek terhadap prestasi belajar; 3) Dengan
membandingkan hasil uji t model pembelajaran POE lebih besar dan uji t model
pembelajaram pencocokan kartu indek diperoleh hasil sebesar 2,984 > 2,358. Hal
ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran POE lebih Baik dibandingkan model
pembelajaran pencocokan kartu indek. Dapat dikatakan bahwa hipotesis yang
berbunyi “Ada perbedaan antara model pembelajaran POE dengan Pencocokan
Kartu Indeks terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas V SDN Mojosongo V
Surakarta” dapat diterima.
|
---|