PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah w...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOFIYANTO, DODIK
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13747/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995960392122368
author NOFIYANTO, DODIK
author_facet NOFIYANTO, DODIK
author_sort NOFIYANTO, DODIK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pada pra siklus yang hanya 58,82%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 88,23%, dan pada siklus II 94,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13747
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13747 https://eprints.ums.ac.id/13747/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011) NOFIYANTO, DODIK L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pada pra siklus yang hanya 58,82%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 88,23%, dan pada siklus II 94,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/1/1_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/2/2_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/4/3_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/8/4_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/12/5_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/15/6_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/18/7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13747/20/8_LAMPIRAN.pdf NOFIYANTO, DODIK (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070092
spellingShingle L Education (General)
NOFIYANTO, DODIK
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_sort peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode lightening the learning climate pada siswa kelas v sd negeri kidul beteng surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13747/
work_keys_str_mv AT nofiyantododik peningkatanhasilbelajarbahasaindonesiamateripokokmenuliskarangannarasimelaluimetodelighteningthelearningclimatepadasiswakelasvsdnegerikidulbetengsurakartatahunajaran20102011