PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KIDUL BETENG SURAKARTA (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah w...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13747/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
bahasa indonesia materi pokok menulis karangan narasi melalui metode
Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SD Negeri Kidul Beteng
Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah
wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data adalah
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
pada siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pada pra siklus yang hanya
58,82%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 88,23%, dan pada siklus II
94,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Lightening
The Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
|
---|