PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahla...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13746/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995960119492608 |
---|---|
author | HANDAYANI, NUR |
author_facet | HANDAYANI, NUR |
author_sort | HANDAYANI, NUR |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu
pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching)
(2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam
pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan
dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas
VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana
tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam
mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat
dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan
hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata
kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching
Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13746 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13746 https://eprints.ums.ac.id/13746/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011 HANDAYANI, NUR L Education (General) Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/18/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/21/Lampiran-Lampiran.pdf HANDAYANI, NUR (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070148 |
spellingShingle | L Education (General) HANDAYANI, NUR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL
TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD
MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL
TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD
MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL
TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD
MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL
TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD
MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_short | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL
TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD
MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_sort | penerapan model pembelajaran berbalik reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas vc sd muhammadiyah 16 karangasem tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13746/ |
work_keys_str_mv | AT handayaninur penerapanmodelpembelajaranberbalikreciprocalteachinguntukmeningkatkanhasilbelajarilmupengetahuansosialpadasiswakelasvcsdmuhammadiyah16karangasemtahunajaran20102011 |