PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahla...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13746/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995960119492608
author HANDAYANI, NUR
author_facet HANDAYANI, NUR
author_sort HANDAYANI, NUR
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13746
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13746 https://eprints.ums.ac.id/13746/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011 HANDAYANI, NUR L Education (General) Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/9/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/13/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/18/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13746/21/Lampiran-Lampiran.pdf HANDAYANI, NUR (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070148
spellingShingle L Education (General)
HANDAYANI, NUR
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan model pembelajaran berbalik reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas vc sd muhammadiyah 16 karangasem tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13746/
work_keys_str_mv AT handayaninur penerapanmodelpembelajaranberbalikreciprocalteachinguntukmeningkatkanhasilbelajarilmupengetahuansosialpadasiswakelasvcsdmuhammadiyah16karangasemtahunajaran20102011