PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VC SD MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahla...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: HANDAYANI, NUR
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
English
English
English
English
English
English
Хэвлэсэн: 2011
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/13746/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
Тодорхойлолт
Тойм:Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) (2) untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa dalam pembelajaran Reciprocal Teaching Model pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VC SD Muhammadiyah 16 Karangasem yang berjumlah 30 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru kelas VC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada materi peranan para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan melalui Reciprocal Teaching Model. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar IPS siswa rata- rata kelas 5,5 dan diakhir tindakan nilai rata- rata kelas mencapai 7,56. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching Model dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social dapat meningkatkan hasil belajar siswa.