PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13744/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995959572135936 |
---|---|
author | FATHONI, IRFAN SYAIFUL |
author_facet | FATHONI, IRFAN SYAIFUL |
author_sort | FATHONI, IRFAN SYAIFUL |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui
pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang
dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri
yang berjumlah 16 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar
matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes,
dokumentasi dan wawancara.
Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari
meningkatnya hasil belajar matematika materi pecahan meliputi: 1) sebelum
tindakan yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 43,75% (7 siswa), 2) siklus I yang
mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 56,25% (9 siswa), 3) siklus II yang mendapatkan
nilai ≥ 60 adalah 75% (12 siswa), 4) siklus III yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah
93,75% (15 siswa).
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pendekatan
pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada
siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13744 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13744 https://eprints.ums.ac.id/13744/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011 FATHONI, IRFAN SYAIFUL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan melalui pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 16 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar matematika materi pecahan meliputi: 1) sebelum tindakan yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 43,75% (7 siswa), 2) siklus I yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 56,25% (9 siswa), 3) siklus II yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 75% (12 siswa), 4) siklus III yang mendapatkan nilai ≥ 60 adalah 93,75% (15 siswa). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory dan Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD Negeri III Pondok Ngadirojo Wonogiri. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/1/2_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/2/3_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/3/4_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/4/5_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/5/6_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/6/7_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/7/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13744/8/9_LAMPIRAN.pdf FATHONI, IRFAN SYAIFUL (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070068 |
spellingShingle | L Education (General) FATHONI, IRFAN SYAIFUL PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III PONDOK NGADIROJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI
PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK)
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III
PONDOK NGADIROJO WONOGIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI
PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK)
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III
PONDOK NGADIROJO WONOGIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI
PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK)
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III
PONDOK NGADIROJO WONOGIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI
PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK)
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III
PONDOK NGADIROJO WONOGIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI
PECAHAN MELALUI MODEL PENDEKATAN PEMBELAJARAN
VISUALIZATION, AUDITORY DAN KINESTETIC (VAK)
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI III
PONDOK NGADIROJO WONOGIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_sort | peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model pendekatan pembelajaran visualization auditory dan kinestetic vak pada siswa kelas v sd negeri iii pondok ngadirojo wonogiri tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13744/ |
work_keys_str_mv | AT fathoniirfansyaiful peningkatanhasilbelajarmatematikapadamateripecahanmelaluimodelpendekatanpembelajaranvisualizationauditorydankinesteticvakpadasiswakelasvsdnegeriiiipondokngadirojowonogiritahunajaran20102011 |