PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas atas di SDN Ngepringan 2. Dalam penelitian ini sampel diambil dari sebagian siswa kelas atas (kelas IV, V dan VI) sebanyak 40 siswa....

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: FARIDAWATI, TUTUT
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
প্রকাশিত: 2011
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/13743/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1804995959298457600
author FARIDAWATI, TUTUT
author_facet FARIDAWATI, TUTUT
author_sort FARIDAWATI, TUTUT
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas atas di SDN Ngepringan 2. Dalam penelitian ini sampel diambil dari sebagian siswa kelas atas (kelas IV, V dan VI) sebanyak 40 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang fasilitas belajar dan perhatian orang tua, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang mengambil dari nilai raport matematika siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) hasil uji t untuk variabel sebesar 2,724 dengan probabilitas sebesar 0,010, karena probabilitas 0,010<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Untuk variabel hasil uji t sebesar 3,134 dengan probabilitas sebesar 0,003, karena probabilitas 0,003<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Dari uji F diperoleh sebesar 17,290 dan sebesar 5,23 atau > . Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Belajar ( ) dan perhatian orang tua ( ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y). Untuk uji diperoleh angka sebesar 0,482 artinya bahwa prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan perhatian orang tua sebesar 48,2% dan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13743
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13743 https://eprints.ums.ac.id/13743/ PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011 FARIDAWATI, TUTUT L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika kelas atas di SDN Ngepringan 2. Dalam penelitian ini sampel diambil dari sebagian siswa kelas atas (kelas IV, V dan VI) sebanyak 40 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang fasilitas belajar dan perhatian orang tua, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang mengambil dari nilai raport matematika siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) hasil uji t untuk variabel sebesar 2,724 dengan probabilitas sebesar 0,010, karena probabilitas 0,010<0,05, maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Untuk variabel hasil uji t sebesar 3,134 dengan probabilitas sebesar 0,003, karena probabilitas 0,003<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. (2) Dari uji F diperoleh sebesar 17,290 dan sebesar 5,23 atau > . Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Belajar ( ) dan perhatian orang tua ( ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y). Untuk uji diperoleh angka sebesar 0,482 artinya bahwa prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan perhatian orang tua sebesar 48,2% dan sisanya 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/4/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/7/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/10/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/16/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/19/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/22/LAMPIRAN_1-3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/25/LAMPIRAN_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/28/LAMPIRAN_5-6.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13743/31/LAMPIRAN_7.pdf FARIDAWATI, TUTUT (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. A510070020
spellingShingle L Education (General)
FARIDAWATI, TUTUT
PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title_full PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title_fullStr PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title_full_unstemmed PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title_short PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS ATAS SD NEGERI NGEPRINGAN 2 KEC JENAR KAB SRAGEN TAHUN 2011
title_sort pengaruh fasilitas belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas atas sd negeri ngepringan 2 kec jenar kab sragen tahun 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13743/
work_keys_str_mv AT faridawatitutut pengaruhfasilitasbelajardanperhatianorangtuaterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelasatassdnegeringepringan2kecjenarkabsragentahun2011