PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI MENCARI PASANGAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI TAMBAKBOYO I TAHUN 2010 / 2011

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan pada siswa kelas II SD Negeri Tambakboyo 1. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI, WINDA ARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13742/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian melalui model pembelajaran kooperatif dengan strategi mencari pasangan pada siswa kelas II SD Negeri Tambakboyo 1. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tambakboyo 1 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematiaka pada pokok bahasan perkalian dan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 60,71 % di akhir putaran mencapai 96,43 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 67,86 %, di akhir putaran mencapai 92,86 %, serta 3) mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 64,29 %, pada di akhir putaran mencapai 96,43 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 46,43 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi mencari pasangan dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.